Selamat Datang di Blog SOKARAJA WETAN

MUSEUM TERTUA DI INDONESIA

Banyak sekali tempat wisata yang dapat dikunjungi di Indonesia.Pada umumnya, berwisata identik dengan kesenangan dan refreshing,namun, disisi lain ada juga wisata yang menyenangkan dan juga bersifat edukatif bagi para pengunjung. Museum adalah salah satu tempat wisata yang bersifat edukatif, dan berikut daftar 4 Museum Tertua di Indonesia yang dapat anda kunjungi.
             Museum Wayang (1640) 
Museum Wayang adalah sebuah museum yang berlokasi di Jalan Pintu Besar Utara Nomor 27, Jakarta Barat. Gedung yang tampak unik dan menarik ini telah beberapa kali mengalami perombakan. Pada awalnya bangunan ini bernamaDe Oude Hollandsche Kerk (“Gereja Lama Belanda”) dan dibangun pertama kali pada tahun 1640. Tahun 1732 diperbaiki dan berganti nama De Nieuwe Hollandse Kerk (“Gereja Baru Belanda”) hingga tahun 1808 akibat hancur oleh gempa bumi pada tahun yang sama. Di atas tanah bekas reruntuhan inilah dibangun gedung museum wayang dan diresmikan pemakaiannya sebagai museum pada 13 Agustus 1975. Meskipun telah dipugar beberapa bagian gereja lama dan baru masih tampak terlihat dalam bangunan ini.
Kini Museum Wayang memiliki sekitar 5.147 koleksi wayang yang berasal dari berbagai daerah di tanah air seperti Sunda, Jawa, Bali, Lombok, dan Sumatera. Ada pula wayang mancanegara seperti dari Malaysia, Suriname, Perancis, Kamboja, India, Amerika, Inggris, Thailand, dan Vietnam.
                                                                         Museum Bahari (1652-1771).
Museum Bahari adalah museum yang menyimpan koleksi yang berhubungan dengan kebaharian dan kenelayanan bangsa Indonesia dari Sabang hingga Merauke.
Koleksi-koleksi yang disimpan terdiri atas berbagai jenis perahu tradisional dengan aneka bentuk, gaya dan ragam hias, hingga kapal zaman VOC. Disajikan pula berbagai model dan miniatur kapal modern dan perlengkapan penunjang kegiatan pelayaran. Melengkapi penampilan kebaharian Indonesia, museum ini juga menampilkan matra TNI AL, koleksi kartografi, maket Pulau Onrust, tokoh-tokoh maritim Nusantara serta perjalanan kapal KPM Batavia – Amsterdam.
Museum ini berlokasi di Jalan Pasar Ikan No. 1 Sunda Kelapa, Jakarta Barat. 
                    Museum Vredeburg 

Gedung hasil peninggalan Pemerintah Hindia Belanda yang pertama dibangun pada tahun 1760. Secara historis bangunan ini sejak berdiri sampai saat ini telah mengalami berbagai perubahan fungsi yaitu pada tahun 1760 – 1830 berfungsi sebagai benteng pertahanan, pada tahun 1830 – 1945 berfungsi sebagai markas militer Belanda dan Jepang, dan pada tahun 1945 – 1977 berfungsi sebagai markas militer RI.  
                                                                     Museum Fatahillah (1707-1710) 
Dikenal juga sebagai Museum Sejarah Jakarta. Museum ini terletak di pusat Fatahillah Square di Jalan Pintu Besar Utara 27. Di Museum ini anda dapat menelusuri sejarah Jakarta dari masa pra-sejarah hingga berdirinya kota Jayakarta tahun 1527. Teruntai pula rangkaian sejarah dari masa Kemerdekaan Indonesia pada 1945. Museum Fatahillah Jakarta saat ini menyimpan sekitar 25.000 benda koleksi mulai dari masa pra-sejarah hingga abad ini. Disini juga anda dapat menemukan Prasasti Ciaruteun yang merupakan peninggalan Kerajaan Tarumanegara. Di museum ini pun masih banyak menyimpan koleksi – koleksi menarik lainnya ,Semoga bermanfaat.
Tag : Sejarah
0 Komentar untuk "MUSEUM TERTUA DI INDONESIA"

Back To Top