Selamat Datang di Blog SOKARAJA WETAN

Kenali Tanda Tanda Penyakit Asam Urat



Jangan abaikan rasa pegal-pegal dengan rasa nyeri yang menyerang pada sendi-sendi tubuh kita. Bisa jadi rasa nyeri yang timbul tiba-tiba merupakan pertanda kita sedang diserang asam urat.
Banyak yang menyangka penyakit ini hanya akan menghampiri bagi mereka yang telah berumur, namun ternyata belakangan sering pula ditemukan penderita dengan usia sekitar 30 tahun.
Penyakit Asam Urat atau Gout merupakan peradangan sendi/athritis yang disebabkan oleh penumpukan kristal monosodioum urat akibat tingginya kadar asam urat di dalam darah (hiperurisemia). Terdapat beberapa faktor penyebab penyakit asam urat antara lain makanan yang mengandung banyak zat purin dan ada pula yang menyertakan faktor keturunan.
Tak banyak yang menyadari gejala asam urat ini hingga akhirnya berada pada stadium lanjut. Sebelum rasa sakit menyerang tak ada salahnya cek gejala-gejala asam urat berikut:
1.      Asam urat biasanya ditandai dengan serangan nyeri sendi secara mendadak. Biasanya menyerang satu sisi sendi saja, seperti sendi jempol kaki sebelah kiri atau kanan saja pada saat awalnya.
2.     Pada serangan pertama biasanya bisa berlangsung selama beberapa hari dan berangsur pulih hingga terjadi serangan berikutnya. Nyeri sendi ini akan timbul secara berulang.
3.     Warna kulit pada lokasi yang terasa nyeri dapat berubah kemerahan dan terasa hangat.
4.     Menjadi hipersensitif pada bagian yang nyeri sehingga saat disentuh pun akan menambah rasa sakit.
5.     Terjadinya pembengkakan di area yang nyeri.
6.     Serangan nyeri biasanya terjadi di pangkal jempol kaki namun bisa juga timbul di pergelangan kaki, lutut, pergelangan tangan, jari, dan siku.
7.     Tidak bisa dengan leluasa menggerakan bagian yang terasa nyeri, meski rasa nyeri mulai mereda.
8.     Malam hari adalah waktu yang sering dilaporkan terjadinya serangan nyeri oleh para penderita asam urat.
9.     Adanya benjolan pada sendi (tofus) di helix telinga/ pinggir sendi/ tendon
10.   Dikondisi lebih lanjut penderita asam urat akan merasakan demam, mengigil dan denyut jantung cepat saat diserang nyeri sendi.
Gejala pada penderita penyakit asam urat/ arthritis gout bisa terjadi berbeda-beda setiap orangnya. Namun jika gejala-gejala tersebut menghampiri, tak ada salahnya lekas menghampiri dokter atau segeralah cek kadar asam urat Anda, agar dapat mencegah kemungkinan komplikasi yang terjadi bila tofus (benjolan pada sendi) pecah. Bila tofus pecah, dapat menyebabkan terjadinya infeksi. Pada tahap ini dapat disertai batu saluran kemih sampai penyakit ginjal menahun.
Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Kenali Tanda Tanda Penyakit Asam Urat"

Back To Top