Selamat Datang di Blog SOKARAJA WETAN

Mengenal lebih dekat BATIK BANYUMAS, dan Motif Batik dari Berbagai Daerah di Indonesia

Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi penghasil batik terkenal di Indonesia, di Jawa Tengah juga memiliki kota kota yang terkenal akan batiknya misalnya Solo dan Pekalongan. Sebenarnya masih banyak lagi penghasil batik di Indonesia yang belum terlalu di kenal, misalnya saja batik Banyumas ini .

Batik Banyumas sebenarnya  sangatlah indah seperti batik pada umumnya, entah mengapa batik Banyumas kurang tenar dibanding batik Solo dan Pekalongan, 

Mari kita kenalan lebih lanjut tetang Batik Banyumas.

Batik Banyumas pada awalnya berpusat di daerah Sokaraja dibawa oleh pengikut – pengikut Pangeran Diponegoro setelah usainya peperangan pada tahun 1830, mereka kebanyakan menetap di daerah Banyumas lebih tepatnya Sokaraja. Sejak itulah pengikut Pangeran Diponegoro yang bernama Najendra mengembangkan batik celup di Sokaraja. Pada masa itu pastinya bahan – bahanya dapat diperoleh dari alam sekitar yang pastinya tanpa bahan kimia. Sedangkan kainya menggunakan kain mori yang mereka tenun sendiri ( karena pada masa itu belum ada pabrik hehehe, seperti jaman sekarang ). Untuk perwarnanya menggunakan pepohonan yang dapat diperoleh di alam sekitar misalnya seperti menggunakan pohon tom, pohon pace, dan pohon mengkudu yang dapat menghasilkan warna merah kesemuan kuning.
Motif batik Banyumas didominasi dengan warna – warna dasar kecoklatan dan hitam, motif tersebut dinamakan motif Jonasan. Dari motif tersebut terus berkembanglah motif – motif batik Banyumas hingga saat ini antara lain; Sidoluhung, Lumbon (Lumbu), Cempaka Mulya, Madu Bronto, Sekarsurya, Jahe Puger, Pring Sedapur dan Satria Busana.
Pada jaman modern ini batik Banyumas kebanyakan didominasi dengan batik cap ketimbang betik tulis. Karena memang batik cap proses pengerjaanya lebih cepat sehingga tidak memakan waktu banyak. Tapi untuk masalah harga yang jelas lebih mahal yang batik tulus, ya memang karena batik tulis pengerjanyaa lama dan pastinya harus telaten atau sabar.


Motif Batik dari Berbagai Daerah di Indonesia

Tag : Banyumas, Sejarah
0 Komentar untuk "Mengenal lebih dekat BATIK BANYUMAS, dan Motif Batik dari Berbagai Daerah di Indonesia"

Back To Top